Kenali 7 Praktik Teknis SEO Untuk Pemula Dalam Optimasi Website

Bagi Anda Para Pemula di Bidang Digital Marketing yang ingin mendapatkan traffic kunjungan dan engagement di Internet, Kenali 7 Praktik Teknis SEO Terbaik Untuk para Pemula Dalam Optimasi Website.

Di dunia Digital Marketing pasti sudah tidak asing bukan dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Buat yang belum tau mengenai SEO ini, simak pembahasan berikut

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk membuat situs website dapat bersaing di halaman pertama search engine, contoh nya Google. SEO dianggap sebagai “jembatan” yang dapat menghubungkan suatu bisnis dengan para target audience nya, dengan tujuan agar suatu brand, produk atau jasa mudah di kenali atau dicari informasinya oleh para customer di Internet.

Ketika jembatan yang dibangun dapat memberikan best user experience, maka akan semakin banyak audience yang mengunjungi situs website. Selain best user experience, keuntungan lain yang didapatkan adalah semakin besar kesempatan yang dimiliki situs website mendapatkan traffic kunjungan dari audience.

SEO merupakan strategi marketing yang bersifat soft selling, dan sifatnya jangka panjang. Dengan SEO (Search Engine Optimization) Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dengan jumlah besar untuk sekedar memasang suatu Ads di website karena teknik ini dapat dilakukan siapapun secara gratis.

Ini lah mengapa saat ini banyak sekali perusahaan, institusi pendidikan, e-commerce mulai meningkatkan optimasi SEO terhadap situs website nya untuk meningkatkan reputasi website dan branding.

Tau kah anda?​ Di Indonesia, terdapat jutaan orang yang melakukan Search setiap harinya untuk membeli produk terbaik atau untuk mendapatkan informasi yang terpercaya.

Akan tetapi, yang masih banyak menjadi kesalahan saat ini adalah banyak orang orang yang belum aware terhadap SEO sehingga mereka hanya menggunakan random keyword dan random content dengan low quality untuk diterbitkan di suatu situs website mereka. Hal ini sangat disayangkan karena tidak memberikan user experience yang baik serta tidak ada suatu sinyal positif untuk membuat Google akhirnya mengcrawling atau bahkan mengindeks website kita. Karena konten dengan low quality biasanya hanya akan disimpah di tempat sampah Google “Sand Box”.

SEO juga berfungsi membantu bisnis untuk selalu growth dan mendominasi di setiap hasil pencarian di halaman pertama Google. Karena audience umumnya cenderung akan berkunjung di situs terpercaya dan memiliki otoritas tinggi, contoh nya website yang mampu berada di halaman pertama Google.

​Build Audience From Searcch, demikianlah opportunity yang ditawarkan oleh Google kepada Anda. Setiap harinya jutaan orang melakukan encarian di internet, namun bila bisnis anda tidak muncul atau hadir pada waktu itu, maka anda telah melewatkan kesempatan atau bahkan opportunity untuk mendapatkan customer melalui Search Engine.

Bagaimana Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO adalah denganmenentukan halaman yang di anggap Google paling relevan dengan suatu kata kunci tertentu yang dicari oleh audience di Internet. Google Sendiri tidak sembarangan untuk menentukan halaman halaman website mana yang layak di tampilkan di halaman pertamanya. Hal ini diawali dengan proses bernama Crawling. Crawling adalah proses dimana “robot” atau “bot” Google menjelajahi seluruh halaman website. Crawling ini dimulai dengan menjelajahi beberapa halaman tertentu yang sebelumnya sudah terindeks untuk akhir nya “robot” ini akan masuk lebih dalam dan menemukan halaman halaman website terbaru. Proses ini biasanya akan membentuk suatu jaringan yang sangat luas.

Setelah melakukan penjelajahan “robot” Google akan melakukan proses bernama Indexing. Indexing adalah proses search engine untuk menganalisa dan menyimpan informasi yang ada di suatu website seperti topic, struktur halaman, judul, tag meta, konten, internal link maupun exsternal link. Informasi ini lah yang nanti menentukan relevansi situs dengan kata kunci tertentu.

Selanjutnya masuk ke tahap pemeringkatan, tahapan ini berfungsi untuk menentukan mana halaman yang cocok beradadi halaman pertama. Tahap pemeringkatan juga berfungsi menentukan page rank suatu situs website. Dalam tahapan ini Google sendiri menggunakan suatu algoritman tertentu untuk menentukan urutan peringkat suatu situs website. Biasanya Algoritman ini tidak di informasikan secara transparant oleh Google, Google hanya memberikan sekilas update an atau informasi terbaru mengenai algoritma yang dilarang maupun diperbolehkan.

Setelah menentukan urutan selanjutnya Google akan memunculkan hasil pencarian kepada pengguna. Hasil pencarian Google ini umumnya berupa tag meta yaitu Meta Title dan Meta Description. Ini lah mentingnya mengoptimasi Tag Meta yang ada di setiap website maupun artikel, karena bila anda asal asalan konten anda mungkin saja tidak akan muncul saat seseoranng mencari kata kunci tertentu. Audience dapat memilih dan mengunjungi sendiri situs website yang sesuai dengan minat mereka.

Tahapan terakhir Google akan terus melakukan pembaharuan dan perbaharuan algoritmanya secara berkala agar hasil pencarian lebih akurat. Pembaharuan Algoritma Google juga berfungsi mencegah adanya praktik Black Hat SEO ataupun manipulasi rank yang menyalahi aturan Google.

Perbedaan Website dan Social Media

Banyak yang bertanya. Apa keuntungan nya kita mengoptimasi SEO suatu website? apa keuntungan menerbitkan high quality content di website di bandingkan di social media? Jawabannya karena seluruh konten yang berada di website bersifat statis, dimana bila konten diakses beberapa tahun kedepan konten akan tetap muncul dan mudah dijangkau oleh audience, dibandingkan dengan konten social media yang bersifat dinamis jadi konten yang sudah lama diupload akan sangat sulit diakses oleh audience. Dengan membuat konten berkulitas di website tentu hal ini akan berdampak untuk terus mendatangkan traffic kunjungan setiap waktu, terlebih bila anda fokus untuk menargetkan konten evergren yang sifatnya tidak lekang oleh waktu. Konten Evergreen sangat bermanfaat untuk meningkatkan rank, traffc, serta backlink yang mengarah ke website kita. Bila kita banyak memiliki 3 indikator tersebut website kita akan semakin kuat untuk berada di halaman pertama Google.

Konten Website juga akan terus di Crawling oleh “bot” Google untuk melihat informasi terupdate. Google umumnya akan selalu melakukan crawling terhadap konten yang di upload di website dan menentukan informasi konten, topik, niche blog dan lainnya. Berbeda hal nya dengan social media, “bot” dari Google sulit untuk mengumpulkan data dari suatu situs yang mengharuskan user untuk login. Hal ini lah yang menyebabkan konten di social media tidak selamanya muncul di Serach Engine. Itu lah beberapa keuntungan bila anda menerbitkan konten di website. Namun perlu di perhatikan juga bahwa social media memegang peranan penting dalam membuat sinyal digital. Sinyal Digital disini berfungsi menyampaikan informasi, isyarat, atau tanda kepada mesin pencari dan algoritma lainnya. Sinyal digital juga dapat mempengaruhi peringkat situs web di hasil mesin pencari serta visibilitas sebuah brand atau situs web secara online. Selain itu juga media social bila di sinambungkan dengan website dapat meningkatkan tautan social, popularitas, Interaksi Audience, Traffic dan lainnya.

SEO Overview

SEO sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah Strategi Optimasi Website dari dalam mengenai kualitas suatu konten website. Sedangkan SEO Off Page adalah strategi optimasi website dari luar dengan cara membangun suatu Link Building.​ SEO On Page dilakukan dengan mengoptimasi user interface, tag meta. internal link, eksternal link. Sedangkan SEO Off Page dilakukan dengan membangun eksternal link di website pihak ketiga dengan membuat backlink komen, guest post, backlink profile, sharing document.

7 Praktik Teknis SEO Untuk Pemula

Bagi anda para pemula di bidang SEO Tidak perlu khawatir, SEO sangat mudah untuk dipelajari dan diimplementasi bagi para pemula. Berikut merupakan 7 Praktis Teknis SEO Untu Pemula

Menganalisis Kata Kunci​

Menganalisis kata kunci atau melakukan research keyword sangat penting dalam SEO, hal ini bertujuan untuk membuat high quality content. Anda dapat melakukan reserach keyword menggunakan ahrefs, google trend, semrush, ubbersugest, tools AI dan lainnya. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam keywords research :​

  • Usahakan memilih keyword dengan tingkat Keyword Difficulty < 10​
  • Pilih Keyword dengan Search Volume Tinggi
  • Pilih top 10-20 & lalu lintas tertinggi (gunakan Ahrefs atau tools lainnya)​
  • Catat judul halaman yang masuk ke page one Google milik situs website orang lain
  • Bangun judul blog berdasarkan  > Tingkatkan Kualitas Konten > Tiru​
  • Target High Intent Keyword

Membuat Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas memiliki opportunity besar untuk dapat bersaing dihalaman pertama Google. Untuk membuat konten yang berkulitas buat konten yang unik, informatif, relevan dengan situs website anda. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat Konten Berkualitas melihat dari halaman teratas Google

  • Search kata kunci yang anda inginkan di Google > Analisis Bagian Top Artikel > Buka 5-10 halaman teratas di Google
  • Identifikasi H2, H3 and Subtopic > Buat List H2, H3 dari top halaman
  • Buat ulang konten dengan menggunakan content outline yang baik > Buat dan Publish artikel

Optimasi SEO On Page

Lakukan optimasi SEO On Page dengan beberapa langkah berikut :

  • Keyword Research
  • Title tag yang informatif​
  • Meta description yang menarik​
  • URL yang ramah SEO​
  • Heading tags yang terstruktur​
  • Ciptakan konten yang unik, informatif, dan relevan​
  • Optimalisasi gambar​ atau Alt Text
  • Buat Internal linking​
  • Optimasi Kecepatan loading halaman​ dengan meminimalisir animasi
  • Buat tampilan yang Responsif terhadap perangkat mobile​
  • Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk memantau kinerja halaman web Anda

Membangun Tautan (Backlink)​

Backlink adalah eksternal link yang berasal dari website pihak ketiga. Backlink berfungsi untuk suplemen dari suatu website. Backlink juga menjadi salah satu indikator dalam menentukan page rank situs seperti Domain Authority maupun Domain Rating. Bisanya dalam menentuakan page rank serach engine akan melihat quantity dan quality dari suatu backlink itu sendiri.

High Quality Backlink Profile

  • Relevant​
  • High traffic​
  • Trustworthy​
  • Do-Follow​
  • High DA & PR​
  • Health website​
  • New domain TLD​
  • Natural or real link​
  • Descriptive anchor text​
  • Pointing to specific page

Low Quality Backlink Profile

  • Zero Relevant​
  • Low traffic​
  • Unreliable​
  • No-Follow​
  • Low DA & PR​
  • Poor website health​
  • New domain TLD​
  • fake link​
  • Generic anchor text​
  • Pointing to homepage

Jenis Jenis cara untuk mendapatkan backlink antara lain :

  • Blogwalking, yaitu berkomentar positif diwebsite milik orang lain. Biasanya backlink jenis ini dikenal sebagai Backlink Komentar. Umumnya backlink komentar hanya dapat di pasang di website denngan domain 20-60 an saja, akan sangat sulit bagi anda mendapatkan backlink DA tinggi melalui komentar cara yang paling mungkin yaitu dengan malakukan Guest Post
  • Guest Post, yaitu aktivitas menerbitkan atau mempublish suatu artikel di website milik orang lain dengan menautkan hyperlink ke website kita. Cara ini umumnya ada yang gratis dengan menghubungi manual para admin web dan ada yang berbayar.​ Keuntungan Guest Post anda dapat memiliki opportunity endapatkan backlink dengan DA tinggi di banding Backlink Komentar.
  • Backlink Profile, yaitu backlink yang tertanam dibagian description, profile atau biodata saat anda melakukan register akun di suatu situs website.
  • Document Sharing, yaitu teknik yang dilakukan untuk melakukan sharing dokumen yang didalamnya terdapat hyperlink yang mengarah ke situs website anda

Selain cara diatas tentu anda juga dapat mendapatkan backlink dengan cara yang natural yaitu dengan membuat high quality content bisa berupa konten evergreen maupun konten kegiatan. Begini kira kira gambaran suatu siklus pertumbungan backlink secara natural :

  1. Seseorang mencari​ sesuatu di Google dan​ meng-klik posisi #1 Google
  2. Seseorang memberikan​ new backlink ke​ website di posisi #1​ Google
  3. Karena mendapatkan​ new backlink, web #1 bertahan di urutan atas​

Meningkatkan Pengalaman Pengguna (User Experince)

User Experince berguna untuk melihat suatu pola pembelian atau pola ketertarikan audience terhadap suatu produk. Contohnya di website kita dapat menganalisis bounce rate untuk mengukur user experince. Berikut adalah hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna​

  • Desain yang responsive​
  • Kecepatan loading yang cepat​
  • Navigasi yang intuitif​ dan memudahkan audience dalam mencari informasi
  • Konten yang relevan dan mudah dibaca​
  • Fokus pada pengalaman mobile​
  • URL yang ramah SEO​
  • Ciptakan tautan internal yang relevan​
  • Ciptakan konten yang unik, informatif, dan relevan​
  • Gunakan data dari analitik website : https://www.checkbot.io/ ​
  • Memperhatikan Struktur Website (Contoh Penggunaan Kategori pada Artikel) serta Struktur Halaman Website (Contoh Penggunaan H1, H2, H3)

Menciptakan Meta Data yang Relevan

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimasi Meta Data

Title Tag

  • Gunakan tag judul (title tag) yang menggambarkan secara jelas isi halaman.​
  • Sertakan kata kunci utama yang relevan dengan halaman tersebut.​
  • Batasi tag judul hingga sekitar 50-60 karakter agar tidak terpotong dalam hasil pencarian.​
  • Jaga agar tag judul menarik dan memancing pengguna untuk mengklik.​

Meta Description

  • Buat deskripsi meta (meta description) yang meringkas isi halaman dengan jelas dan menarik.​
  • Sertakan kata kunci yang relevan secara alami.​
  • Batasi deskripsi meta hingga sekitar 150-160 karakter agar tidak terpotong dalam hasil pencarian.​
  • Buat deskripsi yang menggambarkan manfaat atau solusi yang ditawarkan oleh halaman tersebut untuk meningkatkan klik pengguna.​

Meta Keywords

  • Meskipun meta keywords tidak lagi menjadi faktor peringkat utama dalam algoritma mesin pencari, Anda masih dapat menyertakan beberapa kata kunci yang relevan.​
  • Pilih kata kunci yang terkait langsung dengan konten halaman dan hindari penggunaan kata kunci berlebihan atau tidak relevan.​
  • Pastikan kata kunci yang Anda pilih juga muncul secara alami di konten halaman.

Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan Evaluasi sangat penting dalam mengoptimasi SEO, karena algoritma Google selalu berubah ubah sehingga sangat penting bagi kita untuk terus melakukan percobaan terhadap teknik SEO yang dijalankan. Bila hasil nya bagus coba gali lebih dalam tentang strategi lainnya, sedangkan bila hasil belum maksimal coba gunakan cara optimasi lain. SEO adalah bagaimana cara kita untuk terus mencoba dan mengevaluasi situs website, dengan mengikuti algoritma Google.

Monitoring Secara Berkala

Sekian Semoga dapat bermanfaat.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *