Prinsip-prinsip desain yang baik untuk User Interface 

Prinsip desain yang baik dalam konteks User Interface (UI) sangat penting untuk menciptakan pengalaman pengguna (User Experience/UX) yang optimal. Desain UI yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual, kegunaan, dan efisiensi aplikasi atau situs web, sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan produk tersebut dan mencapai tujuan mereka dengan nyaman. Berikut beberapa prinsip desain UI yang dianggap penting. Dalam membuat suatu User Interface baik menurut sumber dari (Arifin et al., 2018) mencakup beberapa hal antara lain :


1. The Structure Principle


Desain User Interface harus disesuaikan dengan model atau komponen yang dikenali oleh pengguna


2. The Simplicity Principle


Desain User Interface harus dibuat sesederhana mungkin, namun harus tetap informatif.


3. The Visibility Principle


Desain User Interface yang baik adalah mudah untuk digunakan atau dimengerti user, dengan cara mengurangi opsi yang tidak dibutuhkan.

4. The Feedback Principle


Desain User Interface harus mementingkan feedback dari user, hal ini bertujuan untuk menciptakan interaksi yang lebih baik, intuitif, dan memuaskan bagi user.


5. The Tolerance Principle


Desain User Interface harus dirancang sefleksibel, hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh pengguna


6. The Reuse Principle


Desain User Interface harus mampu untuk digunakan kembali setiap elemen desain dan komponen nya, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan konsistensi dalam pengembangan produk atau sistem


7. Conserve Attention


Desain User Interface yang baik adalah yang fokus terhadap tampilan yang menarik, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian user.


8. Simple Language Over Technical Terms


Desain User Interface yang baik adalah yang memperhatikan pemilihan bahasa yang digunakan, usahakan untuk menggunakan bahasa yang non teknis agar mudah dimengerti orang awam

Referensi : Arifin, D. M., Kartika Safitri, R., Ramadhansyah, D. S., Rahman, D. A., Amini, R., Salechah, D., Setiani, N., & Zukhri, Z. (2018). Implementasi Prinsip Desain Antarmuka pada Purwarupa Website Edukasi Bencana. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 0(0), 11–2018.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *