Perbedaan Kosep Agile dan Scrum dalam Pengembangan Aplikasi

Pengertian Agile dan Scrum

Agile artinya lincah. Namun Pengertian Agile dalam konteks teknis yaitu Agile adalah suatu prinsip yang fokus terhadap pendekatan pengembangan adaptif yang menekankan pada pembuatan model. Namun, terkadang kita sulit memahami korelasi nya dengan Scrum. Apakah ini Scrum dan Agile berbeda? atau kah kedua nya sama dan satu kesatuan?

Konsep Agile dan Scrum adalah konsep yang berbeda namun bisa saling terkait dan bisa dianggap sebagai kesatuan dalam kerangka kerja Agile, dikarenakan alasan berikut

Perbedaan Agila dan Scrum

Agile adalah pendekatan pengembangan Sistem Informasi yang berorientasi kepada user, dimana metode ini mementingkan adanya adaptabilitas terhadap perubahan. Dalam pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Agile, tim developer harus siap dan mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis atau persyaratan proyek dari user yang muncul selama proses pengembangan.

Scrum sebagai salah satu kerangka kerja pengembangan Sistem Informasi yang berbasis pada nilai-nilai dan prinsip Agile. Scrum adalah pendekatan terstruktur untuk mengelola dan mengatur proses pengembangan, khususnya dalam bentuk iterasi pendek yang disebut sprint. Dalam Scrum, ada istilah Product Backlog yang berisi daftar kebutuhan atau fitur yang perlu dikembangkan selama proyek. Selama perencanaan sprint, tim Scrum memilih sejumlah item dari Product Backlog untuk diimplementasikan dalam sprint tersebut. Timdeveloper hanya perlu mengembangkan model desain yang cukup untuk mengetahui bagaimana fitur tersebut akan diimplementasikan dan memenuhi kriteria yang dianggap selesai.

Jadi, meskipun keduanya bisa dianggap sebagai konsep yang berbeda, Prinsip Agile dan Scrum hampir sama sebagai pendekatan yang fleksibel, adaptif, dan memberikan keleluasaan untuk menghadapi perubahan kebutuhan dan persyaratan selama proses pengembangan Secara garis besar Agile adalah prinsip atau framework sedangkan Scrum adalah perwujudan atau wadah dari sebuah langkah-langkah dari implementasi prinsip agile. Dalam metodologi Agile, software dikirimkan secara teratur untuk mendapatkan feedback, sedangkan dalam metodologi Scrum, software dikirimkan setelah setiap sprint pengembangan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *