Mengenal System Sequence Diagram dalam Pengembangan Aplikasi

Salah satu diagram UML yang kita gunakan dalam memodelkan bisnis proses adalah The System Sequence Diagram. Dalam pembahasan ini kita akan mengenal lebih dalam mengenai System Sequence Diagram serta fungsi nya dalam pengembangan sistem aplikasi.

Pengertian System Sequence Diagram

System Sequence Diagram adalah salah satu pemodelan dalam pengembangan aplikasi yang berbasis object oriented. Sequence Diagram dapat memvisualisasikan interaksi antar object berdasarkan urutan kejadian, dengan cara menguraikan proses bisnis menjadi bagian aktivitas-aktivitas yang lebih kecil untuk mengidentifikasi interaksi antar object. Dalam implementasinya kita dapat misal, melihat bagaimana interaksi atau proses bisnis yang dijalankan oleh tiap divisi perusahaan. System Sequence Diagram menekankan pada bagaimana aktor berinteraksi dengan sistem dengan memasukkan data input dan menerima data output, lalu melihat interaksi antara aktor dan sistem. 

Elemen pada System Sequence Diagram

Terdapat 8 elemen penting pada Sequence diagram yaitu actor, object, lifeline, Execution occurrence , Message, Guard condition, Object destruction, Frame.

Object yaitu objek yang terlibat dalam sistem.
Lifeline yaitu sebuah garis yang menggambarkan masa hidup dari sebuah objek dalam sequence diagram.
Execution occurrence yaitu sebuah persegi panjang yang menggambarkan waktu terjadinya pengiriman/penerimaan pesan.
Message yaitu informasi yang mengalir dari satu objek ke objek lainnya.
Guard condition yaitu suatu persyaratan yang harus terpenuhi agar suatu pesan dapat dikirimkan.
Object destruction menggambarkan akhir dari sebuah lifeline object.
Frame menyatakan konteks dari diagram sequence.

Fungsi System Sequence Diagram

Fungsi Sequence Diagram adalah membantu dalam analisis dan perancangan sistem dengan mengidentifikasi pesan-pesan yang terjadi selama interaksi antara aktor dan sistem, yang dapat menjadi dasar untuk merancang antarmuka pengguna, proses bisnis, dan fungsi sistem yang diperlukan. SSD menggambarkan urutan proses dari aktor eksternal dan tanggapan dari sistem tersebut, sehingga dapat membantu kita melihat perilaku sistem dari perspektif input dan output.

Kesimpulan

System Sequence Diagram merupakan bagian dari UML yang mengambarkan skenario atau langkah-langkah yang dikerjakan dalam pengembangan sistem aplikasi. Sequence Diagram menekankan pada bagaimana aktor berinteraksi dengan sistem dengan memasukkan data input dan menerima data output pada sistem.

Referensi

Nurdam, N. (2014). Sequence Diagram sebagai perkakas perancangan antarmuka pemakai. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika6(1), 21-25.

OMG Unified Modeling Language (OMG UML), Superstructure Specification, v2.5.1. (2017). OMG Document Number: formal/2017-12-05.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *