Contoh ERD sederhana pada Klinik Kesehatan atau Rumah Sakit

Contoh ERD sederhana pada Klinik Kesehatan atau Rumah Sakit

Pengertian ERD

Entity Relationship Diagram adalah diagram yang digunakan untuk memvisualisaikan hubungan antara entitas di dalam suatu database. ERD memiliki 3 komponen, yaitu entitas, atribut, relationship. ERD berfokus pada representasi data dan hubungan antara entitas tersebut ERD juga digunakan dalam desain database untuk memodelkan struktur data, mengidentifikasi atribut dan hubungan, serta membantu dalam normalisasi.

Perbedaan ERD dan Class Diagram UML

Perbedaan ERD dan Class Diagram UML terletak pada beberapa indikator antara lain

Fokus pemodelan: ERD digunakan khusus untuk memodelkan struktur data dalam database, sementara Class Diagram digunakan untuk memodelkan struktur kelas dan hubungan antara kelas dalam pengembangan perangkat lunak, mulai dari class diagram, activity diagram, sequence diagram.

Representasi konsep yang berbeda: ERD menggambarkan entitas, atribut, dan hubungan antara entitas, sedangkan Class Diagram menggambarkan kelas, atribut, metode, dan hubungan antara kelas

Skala Pengembangan : UML fokus pada pengembangan aplikasi berskala besar, ERD fokus pada pembuatan design database

Pengguna : ERD fokus pada pembuatan design database, digunakan oleh database administrator. Sedangkan UML biasanya digunakan oleh pemilik perusahaan untuk melihat kebutuhan sistem perusahaan.

Contoh ERD

Berikut merupakan Contoh ERD sederhana pada Klinik Kesehatan atau rumah sakit :

Contoh ERD sederhana pada Klinik Kesehatan atau Rumah Sakit
Contoh ERD di Klinik Kesehatan atau Rumah Sakit

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *