Pengertian Serta Struktur Database dari Besar ke Kecil

Database adalah suatu kumpulan data dengan jumlah besar (big data) yang terorganisir. Database juga memiliki struktur yang terbesar hingga terkecil.

Apa itu Database

Apa itu Database? Database adalah sekumpulan data yang terkelola secara sistematis dan terstruktur, yang dapat diakses oleh program komputer. Database digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan memanipulasi data dengan tujuan untuk mendukung berbagai aplikasi penunjang bisnis suatu perusahaan.

Database terdiri dari tabel-tabel yang terhubung satu sama lain. Setiap tabel terdiri dari kolom dan baris, dan setiap kolom menentukan jenis data yang disimpan dalam tabel tersebut, sementara setiap baris merepresentasikan satu record data.

Beberapa contoh database yang paling umum digunakan antara lain database relasional, database NoSQL, dan database grafik. Database relasional merupakan tipe database yang paling umum digunakan dan mudah dipelajari, sementara database NoSQL dan database grafik lebih fleksibel dalam hal struktur dan keterkaitan data.

Mengenal Relational Database

Relational Database adalah salah satu jenis DBMS, dimana jenis lainnya antara lain yaitu ada Document Database, Key-Value Database. Kelebihan Relational Database dibanding jenis DBMS lainnya yaitu jenis ini merupakan yang masih popular dan masih banyak digunakan oleh para developer saat ini. Hal ini tidak lain karena sifat Relational Database cukup mudah dimengerti dan dipelajari karena hasil database nya berupa tabular (table) mirip seperti Microsoft Excell dan Google Spreadsheet.

Selain itu Relational Database juga memiliki perintah standard yang menggunakan SQL, sehingga lebih mudah apabila kita ingin berganti-ganti aplikasi database lain contoh nyamenggunakan MySQL, Oracle, PostgreSQL dan lainnya. Kelebihan Realtional Database yang lain yaitu :

  • Terpisah antara data dan logika: Data model relational memisahkan data dari logika aplikasi. Hal Ini berarti data dapat disimpan secara terpisah dari kode aplikasi, sehingga apabila ada perubahan pada kode aplikasi tidak mempengaruhi struktur data.
  • Fleksible: Data model relational mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berubah, termasuk menambahkan atau menghapus tabel.
  • Kemudahan penggunaan: Data model relational lebih mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna, terutama bagi para pemula dibidang web developer.

Struktur Database Dari Paling Besar ke yang Paling Kecil

Taukan kalian bahwa Database tersusun dari sususan paling kecil hingga terbesar hingga akhir nya membentuk suatu sistem yang berfungsi untuk menyimpan data bervolume besar (Big Data). Bagaimana struktur Database dari paling besar ke paling kecil? simak pembahasan berikut

Struktur Database dari paling Besar hingga paling kecil :

•   Database : Database adalah tabel yang saling terkait dan saling berhubungan. Database adalah level terbesar dalam struktur database dan merupakan tempat penyimpanan data utama dalam DBMS.

•   Tabel : Tabel adalah Struktur dasar dalam database yang terdiri dari kolom dan baris. Sebuah struktur data terorganisir dalam baris dan kolom yang mewakili entitas atau objek tertentu. Tabel terdiri dari beberapa kolom yang memiliki tipe data dan batasan yang berbeda.

•   Field atau Kolom : Field adalah Bagian dari tabel yang menggambarkan suatu atribut atau fitur dari objek atau entitas. Kolom memiliki tipe data dan batasan tertentu.

•   Record atau Baris : Record adalah Set data yang saling berkaitan dan disimpan dalam tabel. Setiap baris dalam tabel terdiri dari beberapa kolom yang mewakili nilai atau informasi tertentu. Misalnya pada table memiliki komlom Kode_Barang, Nama_Barang, Jenis_Barang, Tanggal_Expired_Barang, maka yang dimaksud record yaitu satu baris data dari KodeBarang hingga TanggalExpiredBarang.

•   Field Value atau Cell : Filed Value adalah kumpulan suatu karakter yang membentuk suatu informasi tertentu misal dalam filed selalu ada Kode_Barang, Nama_Barang, Kode_Barang, Jenis_Barang, dan sebagainya, Dengan acuan dari suatu ID (Kode_Barang)

Sekian Semoga Bermanfaat


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *