Pengertian dan Struktur Data Dari Paling Kecil Hingga Besar

Artikel ini menjelaskan tentang pengertian data dan struktur data, serta urutan struktur data dari yang paling kecil hingga besar.

Pengertian Data

Data adalah kumpulan fakta, angka, atau informasi yang dikumpulkan, direkam, dan disimpan oleh suatu sistem. Data dengan jumlah yang sangat besar disebut sebagai Big Data. Data dapat berupa teks, gambar, audio, video, atau format digital lainnya yang dapat diolah dan dimanipulasi oleh program komputer untuk tujuan tertentu. Data sangat penting dalam era digital karena dapat memberikan wawasan dan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis, analisis pasar, dan banyak lagi.

Sangat disayangkan bila suatu perusahaan yang memiliki data dengan jumlah besar namun tidak dapat di manfaatkan dengan baik. Data sejatinya dapat menjadi kekayaan digital dari suatu perusahaan. Hal ini karena dengan adanya Big Data perusahaan dapat menganalisis bagaimana peluang serta strategi dalam meningkatkan penjualan, perusahaan juga dapat membaca bagaimana pola pembelian konsumen, apa produk yang mereka butuhkan dan yang terakhir data dapat menentukan suatu keputusan bisnis secara cepat dan akurat.

Struktur Data Dari Paling Kecil Hingga Paling Besar

Struktur Data adalah cara yang terstruktur dan terorganisir untuk menyimpan, mengakses, dan memanipulasi data di dalam komputer atau sistem informasi. Berikut adalah urutan struktur data dari yang paling kecil hingga menjadi paling besar :

Semua data dari yang paling kecil tersebut nantinya akan diproses hingga menjadi sebuah database. Unit paling kecil dalam suatu database adalah bit, bit ini sebenarnya adalah singkatan dari binary. Binary atau angka biner hanya terdiri dari 1 dan 0. Bit digunakan untuk merepresentasikan nilai boolean seperti true atau false.

Delapan angka biner ini jika dikelompokkan disebut dengan byte. 8 bit yang digunakan untuk merepresentasikan karakter dalam sebuah bahasa, angka, atau simbol

Jika byte tadi merupakan sebuah angka, huruf maupun simbol, kumpulan dari byte ini disebut sebuah field. Field ini tidak terbatas hanya tulisan saja, tetapi bisa juga gambar.

Field–field yang saling terkait akan membentuk sebuah record. record adalah sebuah baris dalam database. Record atau baris-baris dalam database tentunya sejenis, menggambarkan sebuah file, file di sini bisa juga diartikan sebagai tabel.

Kumpulan dari tabel-tabel yang salin terkait inilah yang disebut dengan database.

Sebetulnya tingkatan ini tidak berakhir sampai database namun nantinya akan membentuk suatu data mart dan data warehouse. Kumpulan database database dengan jumlah besar disebut sebagai DBMS

Kesimpulan

Struktur data merupakan cara yang terstruktur dan terorganisir untuk menyimpan, mengakses, dan memanipulasi data di dalam komputer atau sistem informasi. Terdapat beberapa jenis struktur data yang digunakan untuk memudahkan dan mempercepat akses data, serta untuk memperbaiki efisiensi dan kinerja program atau sistem yang menggunakan data tersebut. Urutan struktur data tersebut mulai dari yang paling kecil yaitu bit, byte, array, struktur, linked list, tree, dan graph yang merupakan struktur data yang paling besar. Setiap jenis struktur data memiliki karakteristik yang unik dan digunakan untuk tujuan tertentu, seperti memudahkan pencarian data, penyimpanan data secara terstruktur, dan mengoptimalkan performa program.

Sekian Semoga Bermanfaat


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *