UI/UX CASE STUDY RE-DESIGN : APLIKASI INPUT SUBCRIBER

Introduction

Halo, perkenalkan nama saya Meilina Eka Ayuningtyas, studi kasus ini merupakan tugas kuliah saya dalam mengikuti pembelajaran User Experience Research
and Design.

selamat membaca semuanya ๐Ÿ˜€

Overview

Terdapat sebuah perusahaan telco (telecommunication) yang ingin mengembangkan aplikasi internalnya yaitu New Order (web based). Aplikasi ini bertugas untuk menginput subscriber baru dengan mengisi data-data pelanggan secara detail karena akan menjadi master data pelanggan. Aplikasi yang sekarang tidak nyaman
untuk digunakan karena tampilannya yang bisa dibilang tidak user friendly dan membingungkan. Saya bermaksud melakukan re-design aplikasi input subscriber.

Initial Problem

Beberapa karyawan internal perusahaan telco mengungkapkan bahwa terdapat beberapa masalah seperti tampilan yang tidak user friendly, sulitnya proses melakukan input subcriber pada aplikasi internal perusahaan tersebut.

Study Case

Berikut merupakan study case re-design aplikasi input subscriber

contoh study case re-design aplikasi input subscriber

Methodology

Kualitatif โ€” in-depth interview

Saya menggunakan Penelitian Kualitatif

Yang dilakukan dengan Teknik pengumpulan data menggunakan serangkaian hasil
wawancara/interview. Jenis penelitian kuantitatif ditentukan oleh banyaknya responden penelitian yang terlibat.


Hasil penelitian kualitatif yang saya lakukan dipresentasikan dalam bentuk hasil validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan.

Sample Specification


Pengguna yang telah menggunakan aplikasi New Order minimal satu kali (dalam 3 bulan terakhir)

  • Wanita/Pria
  • 18โ€“40 Tahun

Key Information Area

  • Profile Pengguna
  • Perilaku pengguna pada aplikasi New Order
  • Perspektif pengguna setelah menggunakan aplikasi New Order

Discusion Guide

Introduction:

Halo, Saya Meilina Eka Ayuningtyas

terimakasih telah meluangkan waktu untuk membantu saya dalam melakukan penelitian ini. Pada sesi ini saya akan menanyakan beberapa pertanyaan perihal pengalaman menggunakan aplikasi New Order

Profile Pengguna :

Silahkan perkenalkan diri anda.

Perilaku Pengguna :

  • Apakah menurut Anda informasi saat memahami data pelanggan mudah untuk diikuti ?
  • Apakah saat menginput data pelanggan Anda mengalami kesulitan?
  • Kesulitas apa yang Anda temui saat menggunakan fitur tersebut ?
  • Apakah tampilan UI/UX fitur input data pelanggan sudah intuitif untuk digunakan?
  • Sebutkan 3 hal yang tidak Anda suka dari UI/UX fitur tambahkan pelanggan?
  • Sebutkan 3 hal yang Anda suka dari UI/UX fitur tambahkan pelanggan?

Perspektif Pengguna :

  • Secara keseluruhan bagaimana kamu menjelaskan pengalamanmu dalam menggunakan aplikasi ini?
  • Apa yang kamu harapkan /ekpektasi kedepanya untuk aplikasi New Order terutama fitur imput pelanggan?

Solusi

Dari permasalahan di atas, saya memiliki solusi berikut :

  1. Merapihkan keseluruhan tampilan membuat lebih clean dan lebih user friendly
  2. Merubah flow untuk proses input pelanggan menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti

Emphaty Map

Berikut merupakan Emphaty Map aplikasi input subscriber

User Journey

User Journey membantu saya mengurangi bias dan dapat mengungkapkan emosional pengguna, pain point, dan peluang UX. Berikut merupakan User Journey aplikasi input subscriber

Contoh User Journey aplikasi input subscriber

High Fidelity Prototype

Berikut merupakan High Fidelity Prototype aplikasi input subscriber

Link Prototype : https://tel-u.ac.id/uiuxprototype

Menu Customer Management Aplikasi Input Subcriber

Tambah Subcriber atau Customer Aplikasi Input Subcriber

Notifikasi Data Berhasil Disimpan Aplikasi Input Subcriber

Menu Edit Customer Aplikasi Input Subcriber

Delete User Aplikasi Input Subcriber

Usability Testing


Untuk langkah terakhir, saya memvalidasi hasil dari keseluruhan perbaikan yang saya lakukan. UT ini dilakukan secara kepada 5 pengguna dengan kriteria yang sama. Pengguna diminta untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Melakukan pengecekan menu master data
  • Melakukan proses Input Data Pelanggan/Customer
  • Melakukan proses pengecekan pop up keberhasilan input dapat
  • Melakukan proses editing data pelanggan
  • Melakukan proses pengecekan op up keberhasilan penghapusan data pelanggan
  • Melakukan proses penghapusan data pelanggan
  • Melakukan proses pengecekan op up keberhasilan penghapusan data pelanggan

Pada keseluruhan hasil test, saat ini saya tidak menemukan masalah besar pada proses yang di lakukan, hanya saja beberapa pengguna ingin melihat data template .xml, .csv untuk melakukan import data pelanggan secara otomatis dan cepat. Sedangkan proses yang perlu di pertahankan yautu fitur input data karena cukup simple dan cepat untuk dilakukan.

Navigation Map

Berikut merupakan Navigation Map pada aplikasi New Order (web based)

Contoh Navigational Map

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *