Workshop Digital Marketing Melaui Evergreen Konten Telkom University September 2023

Bandung 14 September 2023, Telkom University melalui Direktorat Pusat Teknologi Informasi menyelenggarakan Workshop Digital Marketing Melalui Evergreen Content yang diikuti oleh seluruh operator website Telkom University Bandung, Telkom University Jakarta, dan ITTS (Institut Teknologi Telkom Surabaya). Hal ini merujuk pada peningkatan branding kampus dalam konsep Telkom University National Campus atau disingkat TUNC. Telkom University National Campus adalah konsep penggabungan sejumlah kampus cabang di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yaitu Telkom University Bandung, ITTJ (Institut Teknologi Telkom Jakarta), ITTS (Institut Teknologi Telkom Surabaya), dan ITTP (Institut Teknologi Telkom Purwokerto).

Penyelenggaran Workshop ini didasarkan pada terjadinya penurunan konten dan keyword Telkom University di search engine yang disebabkan karena Pencarian Organik Telkom University yang Rendah di Mesin Pencari, hal ini dapat mempengaruhi visibilitas website Telkom University. Kurangnya Strategi pemasaran digital (Digital Marketing). Optimasi SEO yang Belum Berjalan dengan Baik dan Jika situs web Telkom University tidak dioptimalkan SEO dengan baik hal ini juga menjadi penyebab Penurunan konten dan keyword di search engine yang juga berakibat pada penurunan Page Rank Domain Telkom University.

Workshop Digital Marketing Melalui Evergreen Content bertujuan untuk menyadarkan seluruh operator website untuk bersama sama membangun dan meningkatkan pertumbuhan keyword dan konten di seluruh website Subdomain Telkom University. Workshop ini di awali dengan pembahasan competitive research atau bachmarking dengan kampus kompetitor berdasarkan database ahrefs dan similar web dilihat dari indikator Domain Rating, Referering Domain, Traffic & Engagement, Backlink, dan Web Performance. Selanjutnya terdapat pembahasan mengenai Overview performansi kata kunci berkaitan dengan citra Telkom University berdasarkan Renstra Telkom University tahun 2019-2023 dengan memperkuat kata kunci sebagai berikut

Kata Kunci berkaitan dengan Peningkatan Citra dan Branding Telkom University

Selain fokus pada peningkatan kata kunci terkait branding dan citra Telkom University, perlu penguatan kata kunci untuk setiap subdomain unit seluruh website Telkom University subdomain seperti Fakultas, Program Studi, Kelompok Keahlian, labs, UKM, Research Center juga perlu meningkatakan beberapa keyword branding seperti

Kata Kunci yang Perlu dikuatkan Subdomain Telkom University

Selanjutnya kegiatan workshop dilanjutkan dengan pengenalan, pembahasan dan manfaat Evergreen Content dalam membantu meningkatan citra dan branding institusi pendidikan. Serta demo bagaimana cara melakukan kewyord reserach menggunakan tools SEMRush, melakukan optimasi SEO On Page dalam penerbitan Evergreen Content, membangun link building melalui aktivitas sharing konten ke social media, blogwaking, pemasangan backlink guest post, backlink profile dan lainnya.

Workshop dilanjutkan dengan overview monitoring dan penilaian website subdomain Telkom University yang dapat di lihat pada halaman Dashboard Penilaian Website Subdomian Telkom University dan ditutup dengan kegiatan diskusi atau tanya jawab.

Dalam kegiatan ini Direktorat Pusat Teknologi Informasi Telkom University juga memberikan beberapa reward untuk 3 penanya terbaik selama kegiatan workshop berlangsung yang dimenangkan oleh :

  1. Bapak Suyatno dari Fakultas Ilmu Terapan
  2. Ibu Cahya Restu Fujiyama dari Institut Teknologi Telkom Surabaya
  3. Bapak Putu Harry Gunawan dari RC Humic Fakultas Informatika

Ada beberapa keuntungan yang wajib kita ketahui mengenai pentingnya meningkatkan citra dan branding institusi pendidikan di Serach Engine di bandingkan Social Media

  1. Konten website umumnya bersifat statis, sehingga Konten yang dibuat di website cenderung lebih tahan lama atau lebih lama visibilitasnya daripada konten di social media yang mengandalkan viralitas dan popularitas sementara
  2. Bot Search Engine sulit untuk mendapatkan informasi atau data dari suatu platform dengan aktivitas login. Sehingga website dianggap sebagai media yang tepat karena seluruh link, informasi, topik dan data akan senantiasa di crawling oleh Bot Search Engine dan dimunculkan dalam pencarian organik di internet

Mari kita tingkatakan kesadaran merek (brand awareness), brand engagement, dan reputasi merek (brand reputation) di Searach Engine.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *