Use Case Diagram: Contoh Use Case Diagram dan Manfaatnya

Pengertian Use Case Diagram

Dalam pengembangan suatu aplikasi tentu kita tidak asing mendengar istilah bahasa pemodelan. Salah satu bahasa pemodelan yang banyak digunakan saat ini yaitu Bahasa pemodelan perangkat lunak unified modeling language (UML). UML digunakan dalam
pengembangan sistem perangkat lunak yang fokus pada pendekatan berorientasi objek. Ada banyak sekali jenis dari diagram visualisasi pada UML yang digunakan untuk menjelaskan suatu interaksi antar aktor, salah satu nya adalah Use Case Diagram.

Use case diagram adalah suatu diagram visualisasi yang menggambarkan suatu interaksi antar aktor dalam sistem perangkat lunak aplikasi. Dalam penerapannya ada 2 elemen penting dari Use Case Diagram yang wajid anda ketahui, yaitu Aktor dan UC. Aktor adalah seseorang yang melakukan suatu interaksi dalam sistem aplikasi. Dalam Use Case Diagram Aktor dinotasikan dengan simbol orang-orangan (stick man). Sedangkan UC adalah aktivitas yang dijalankan oleh aktor dalam sistem aplikasi. UC dinotasikan dalam bentuk elips dan dilengkapi dengan kata kerja. Setiap aktor dapat melakukan interaksi dengan sistem dalam banyak UC. Sebaliknya, setiap UC bisa dijalankan oleh lebih dari satu aktor.

Fungsi Use Case Diagram

Use Case Diagram berfungsi untuk memodelkan interaksi antara aktor (pengguna atau sistem eksternal) dengan sistem yang sedang dikembangkan. Use case diagram juga memiliki fungsi utama mempermudah tim pengembang atau orang awam dalam mengetahui tentang kebutuhan fungsional suatu sistem aplikasi, mengkomunikasikan apa saja ekbutuhan sistem dan menjadi acuan dalam seluruh siklus pengembangan aplikasi. Use case bekerja dengan menggunakan scenario berupa urutan suatu proses yang menjelaskan interaksi aktor.

Contoh Use Case Diagram

Mari kita lihat salah satu contoh use case diagragram pada sistem aplikasi klinik kesehatan

Contoh Use Case Diagram
Contoh Use Case Diagram Klinik Kesehatan

Referensi

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan use case (UML): evaluasi terhadap beberapa kesalahan dalam praktik. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput5(1), 77.

Setiyani, L. (2021, November). Desain Sistem: Use Case Diagram. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) (Vol. 1, No. 1, pp. 246-260).


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *