Workshop Pendampingan Webometrics Competitor Backlink Universitas Airlangga

Bandung 05 April 2023 saya kembali mendapat kesempatan untuk menjadi pemateri dalam workshop pendampingan webometrics Universitas Airlangga, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama institusi pendidikan Universitas Airlangga bersama PT Telkom Indonesia . Pembahasan pertemuan kali ini yaitu Competitor Backlink yang merupakan kelanjutan dari materi SEO Engineering yang telah dibawakan 2 minggu lalu.

Sebelum webinar berlangsung saya menyiapkan hasil analisis terlebih dahulu dalam bentuk materi power point mengenai bagaimana pertumbuhan backlink milik sparing partner Universitas Airlangga. Saya juga banyak menganalisis sejauh mana strategi yang sudah dijalankan oleh pada competitor Universitas Airlangga serta membandingkan beberapa indikator yang dapat dijadikan peluang untuk membantu pemeringkatan webometrics khususnya indikator impact rank. Menurut saya materi ini sangat menarik untuk sama sama melihat bagimana percepatan yang saat ini dilakukan competitor dalam meningkatkan page rank.

Webometrics adalah salah satu pemeringkatan international dan banyak menjadi perhatian banyak perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan ini menilai bagaimana kuantitas dan kulitas dari content impact, penelitian dan website dari setiap perguruan tinggi di seluruh dunia. Pemeringkatan webometrics merupakan salah satu platform untuk mengukur tingkat kesuksesan suatu institusi pendidikan dibidang research dan impact bagi institusi lain maupun kepada masyarakat. Pemeringkatan ini biasanya mengeluarkan hasil penilaian berupa ranking selama 6 bulan sekali.

Pada kegiatan pendampingan webometrics hari ini ada beberapa fokus pembahasan seputar Competitor Backlink yaitu

  • Pemaparan mengenai betapa penting nya backlink dalam meraih rank di search engine
  • Metodology Impact Rank Webometrics
  • Cara Identify Competitor Universitas Airlangga (berdasarkam impct rank webometrics dan fitur competing domain ahrefs)
  • Compare Your Backlink and Content​ Sparing Partner Universitas Airlangga ( menggunakan fitur Batch Analysis, Competing Pages, Link Intersect)
  • Penjelasan Jenis Backlink Redirect dan Wikipedia
  • Cara Find Opportunities Backlink Competitor (by researching your competitors’ homepage links and content, Anchor Text, Content Gap, Referring Domain, Competitors’ Guest Posts dan fitur alert ahrefs)

Saat sesi tanya jawab dimulai, saya merasa senang karena para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengajukan pertanyaan. Saya juga belajar banyak dari peserta karena mereka memberikan perspektif dan ide yang berbeda. Berikut adalah riview beberapa pertanyaan dari peserta :

  1. Bagaimana Cara Membuat Backlink Redirect?
  2. Cara agar website yang telah di nonaktifkan namun memiliki banyak backlink tetap bisa menyumbang point backlink
  3. Apakah blog staff dan student berpengaruh terhadap peningkatan impact rank webometrics?

Sekian semoga materi yang telah disampaiakan dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan oleh seluruh civitas akademika Universitas Airlangga.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *