Workshop Pendampingan Webometrics SEO Engineering Universitas Airlangga

Workshop Pendampingan Webometrics SEO Engineering Universitas Airlangga

Bandung 21 Maret 2023 saya mendapat kesempatan untuk menjadi pemateri dalam workshop pendampingan webometrics Universitas Airlangga, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama institusi pendidikan Universitas Airlangga bersama PT Telkom Indonesia . Saya sangat senang karena bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan saya dengan para peserta yang ingin belajar lebih banyak tentang topik mengenai SEO Engineering yang saya bahas.

Sebelum webinar saya mempersiapkan materi dan melakukan riset terbaru tentang topik yang akan saya bahas. Saya juga banyak menganalisis sejauh mana strategi yang sudah dijalankan oleh pada competitor Universitas Airlangga serta membandingkan beberapa indikator yang dapat dijadikan peluang untuk membantu pemeringkatan webometrics khususnya indikator impact rank milik Universitas Airlangga.

Webometrics adalah salah satu pemeringkatan international dan banyak menjadi perhatian banyak perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan ini menilai bagaimana kuantitas dan kulitas dari content impact, penelitian dan website dari setiap perguruan tinggi di seluruh dunia. Pemeringkatan webometrics merupakan salah satu platform untuk mengukur tingkat kesuksesan suatu institusi pendidikan dibidang research dan impact bagi institusi lain maupun kepada masyarakat. Pemeringkatan ini biasanya mengeluarkan hasil penilaian berupa ranking selama 6 bulan sekali.

Pada kegiatan pendampingan webometrics ini ada beberapa fokus pembahasan seputar Backlink Engineering yaitu

  1. Posisi Webometrics rank Universitas Airlangga dibandingkan dengan beberapa Universitas lain
  2. Metodology Impact Rank Webometrics
  3. Pengertian Backlink serta Jenis Jenis nya
  4. Melihat dan Breakdown kondisi Backlink Universitas Airlangga menggunakan tools ahrefs, serta peluang peluang yang dapat ditingkatkan
  5. Strategi peningkatan backlink berdasarkan jenis jenisnya

Saat sesi tanya jawab dimulai, saya merasa senang karena para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengajukan pertanyaan. Saya juga belajar banyak dari peserta karena mereka memberikan perspektif dan ide yang berbeda. Hal ini tentu menjadi ilmu baru bagi saya. Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk menjadi pemateri dalam webinar lainnya dan terus belajar dan berkembang bersama para peserta.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *