Cara Mencari atau Melihat RSS Feed Website

Cara Melihat RSS Feed Website untuk Optimasi SEO

Taukah kalian dari mana Google atau Tools AI mengambil informasi yang ada di website kita? Google maupun tools AI memiliki sebuah bot yang mengambil seluruh informasi dan konten dari suatu website dari RSS Feed. Hal ini memungkinkan Bot dari Google untuk mengumpulkan informasi tentang konten terbaru dari website atau blog yang memiliki RSS Feed.

RSS Feed merpakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah sebuah format file XML yang digunakan untuk mendistribusikan konten dari sebuah website atau blog. RSS Feed berfungsi untuk memungkinkan pengguna untuk menerima pembaruan konten terbaru dari website atau blog yang mereka ikuti tanpa perlu mengunjungi website tersebut secara langsung.

Buat kalian yang berkecimpung dalam dunia digital marketing tentu sering mendengar mengenai RSS Feed dan XML? Apap perbedaan keduanya?. Baik RSS Feed maupun XML merupakan dua format data yang berbeda. Namun tidak dapat diungkiri bahwa keduanya memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. RSS Feed adalah format data yang lebih spesifik dari XML. XML adalah bahasa markup yang lebih umum yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen, termasuk RSS Feed dab melakukan pendefinisian struktur data. Berbeda dengan RSS Feed yang berfungsi untuk mendistribusikan konten dari website atau blog.

Fungsi RSS Feed

RSS Feed memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Memungkinkan Pengguna dalam Menerima Pembaruan konten terbaru dari Website atau Blog. Dengan RSS Feed, pengguna tidak perlu membuka website atau blog secara langsung untuk mengetahui konten terbaru. Seluruh konten terbaru dapat diakses menggunakan aplikasi seperti RSS Reader.
  • Membantu Optimasi SEO website atau blog. RSS Feed dapat membantu Bot Search Engine seperti Google untuk memahami isi konten dari website atau blog. Sehingga webiste yang memiliki RSS Feed memiliki kemungkinan untuk selalu muncul dalam tiap hasil pencarian.
  • Membantu Pemilik website atau blog untuk Mempromosikan Konten. RSS Feed dapat memudahkan pengguna dalam membagikan konten di blog/social media/platform lain.

Cara Melihat RSS Feed Website atau Blog

Buat kalian yang masih bingung gimana sih cara mencari RSS Feed website berikut merupakan salah satu cara yang paling mudah

Tentukan website yang ingin anda cari RSS Feed nya

Tentukan website yang ingin anda cari RSS Feed

Klik kanan > Pilih “View Page Source”

View Page Source

Pilih ctrl + F dan ketik “rss”. Disini dapat kita lihat RSS Feed website MOZ yaitu https://moz.com/posts/rss/blog dan https://moz.com/feeds/blog.rss

Cara Mencari RSS Feed Website

Cara Melihat RSS Feed Website

Anda dapat menyimpan RSS Feed ini untuk keperluan optimasi SEO. Contoh nya seperti dijadikan sumber Auto Generate Content pada suatu website

Sekian sedikit informasi dari saya semoga dapat bermanfaat


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *