Pengertian Bisnis Proses dan Hubungannya dengan Sistem Informasi

Mengenal pengertian Bisnis Proses serta bagaimana hubungan Bisnis Proses dan Sistem Informasi dalam menjalankan aktivitas pengembangan sistem.

Pengertian Bisnis Proses

Bisnis proses (business process) atau Proses Bisnis adalah serangkaian aktivitas yang dijalankan oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Bisnis proses terdiri dari beberapa tugas atau aktivitas yang dijalankan secara terstruktur, dimulai dari input (masukan), melalui beberapa tahapan atau proses, hingga menghasilkan output (keluaran).

Contoh Proses Bisnis meliputi: proses pemasaran, proses produksi, proses pengadaan, proses penjualan, proses keuangan, dan lain-lain. Setiap bisnis proses biasanya terdiri dari beberapa tahapan yang berbeda, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Bisnis proses dapat dioptimalkan dan ditingkatkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan.

Apakah Perusahaan Bisa Untuk Tidak Menerapkan Bisnis Proses?

Jawaban dari pertanyaan ini ialah, sejatinya perusahaan masih bisa menjalankan aktivitasnya tanpa adanya suatu bisnis proses, akan tetapi tidak maksimal. Contohnya dari efisiensi dari sisi biaya, sumberdaya dan waktu, sisi kualitas kerja dan efektivitas kinerja, produktivitas menurun, serta kepuasan pelanggan tidak lebih baik jika dibandingkan organisasi yang menerapkan bisnis proses.

Selain itu Jika perusahaan tidak menerapkan proses bisnis, berikut kemungkinan yang akan terjadi:


1. Proses bisnis yang tidak terorganisir dapat menyebabkan n biaya operasional yang tinggi, penurunan kualitas produk atau layanan, dan kinerja yang buruk secara keseluruhan.
2. Kesalahan dan kecacatan dalam produksi atau pengiriman produk atau layanan sehingga menyebabkan kerugian finansial dan reputasi yang buruk bagi perusahaan.
3. Ketidakmampuan untuk bersaing dengan perusahaan lain di pasar yang lebih efisien dan efektif dalam menjalankan bisnis mereka.
4. Tidak memiliki akses yang cukup terhadap informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.
5. Organisasi masih bisa menjalankan aktivitas nya tanpa menerapkan proses bisnis, namun kemungkinan terjadinya masalah-masalah bisnis akan terjadi sangat besar sehingga sangat mengganggu dapat memperbaharui kinerja organisasi tersebut.

Lalu Apa Saja Hubungan Bisnis Proses dengan Sistem Informasi?

Sistem informasi dalam bisnis proses dapat membantu untuk menjembatani proses bisnis agar lebih efisien dan maksimal. Berikut adalah beberapa hubungan serta korelasi lain

antara bisnis proses dengan sistem informasi :

  • Sistem Informasi dapat membuat suatu sistem kerja lebih terorganisir dengan adanya suatu analisis terhadap data yang dimiliki perusahaan
  • Sistem Informasi memudahkan penyimpanan data operasional, riwayat revisi, catatan komunikasi, dan dokumen. Penyimpanan data secara manual melibatkan banyak waktu dan uang. Sistem Informasi yang canggih menyimpan informasi dalam database yang menyederhanakan proses pencarian data dengan mudah.
  • Sistem Informasi, memudahkan proses pengambilan keputusan dengan kemajuan teknologi. Contoh dengan menggunakan teknologi Business Intelligence membuat suatu keputusan bisnis perusahaan lebih akurat
  • Sistem Informasi bekerja lebih baik karena menyimpan dokumen dan file dalam folder yang dapat diakses dan dibagikan oleh karyawan.

Kata-kata Kunci dari Definisi Bisnis Proses

Secara umum ada 4 kata kunci dari definisi proses bisnis:

1. Interlocking activities, berarti bahwa dalam suatu bisnis, bermacam-macam fungsi bisnis terlibat dalam interaksi satu dengan lainnya untuk menghasilkan barang atau jasa bagi para pelanggannya. Jadi dengan lain kata pada dasarnya proses bisnis adalah fungsi-fungsi bisnis yang bekerja sama dan terintegrasi.


2. Across organisation, berarti bahwa dalam realita sehari-hari terjadi aliran informasi dari unit kerja organisasi ke unit kerja yang lain secara horisontal dan menggambarkan adanya proses bisnis dan merefleksikan bahwa setiap departemen dan area fungsi bisnis perlu berkokunikasi satu dengan yang lainnya


3. Predetermined goal, erarti bahwa suatu proses bisnis dirancang untuk mencapai atau menghasilkan tujuan atau sasaran organisasi.


4. Customer needs, berarti bahwa pada dasarnya tujuan dari proses bisnis adalah mencapai tujuan organisasi yang biasanya diarahkan sesuai dengan keinginan atau keperluan para pelanggan.

Terimakasih Semoga Bermanfaat


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *