Daftar PTS Terbaik di Indonesia Untuk Mengambil Jurusan Teknik

Bagi anda yang tertarik dengan jurusan teknik simak pembahasan mengenai PTS Terbaik di Indonesia dengan Jurusan Teknik yang dimilikinya.

Pengertian Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah lembaga pendidikan tinggi yang dikelola dan dijalankan oleh pihak swasta bukan oleh pemerintah. PTS biasanya didirikan oleh yayasan, persekutuan, atau badan hukum swasta lainnya dengani tujuan untuk menyediakan pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sendiri PTS memegang peranan penting dalam membangun pendidikan nasional serta menciptakan produk riset unggulan selain oleh PTN. PTS pada umumnya juga menyediakan program studi dan sarjana yang beragam dan berkualitas. PTS juga memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan SDM perusahaan-perusahaan swasta maupun pemerintah di Indonesia.

Meskupun didirikan oleh suatu yayasan atau lembaga tertentu PTS di Indonesia juga diatur oleh undang-undang sebagai salah satu persyaratan akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan dari akreditasi ini untuk memastikan kualitas pendidikan yang disediakan memenuhi standar nasional yang telah ditetapkan.

Namun, karena tidak mendapatkan suntikan dana dari pemerintah seperti PTN, hal ini membuat biaya kuliah di PTS biasanya lebih mahal. Oleh karena itu, ada beberapa program beasiswa dan bantuan keuangan yang disediakan oleh PTS untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu membayar biaya kuliah.

Perbedaan PTN dan PTS di Indonesia

Mungkin masih banyak dari kita yang belum begitu familiar mengenai apa perbedaan PTS dan PTN di Indonesia. Berikut adalah 5 Perbedaan antara PTS dan PTN di Indonesia :

  1. Status kepemilikan : PTN dikelola dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia, sedangkan PTS dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta / yayasan/ badan hukum tertentu.
  2. Biaya kuliah : Biaya kuliah di PTN umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya kuliah di PTN. Biaya kuliah di universitas negeri ditanggung oleh pemerintah, sehingga mahasiswa hanya perlu membayar sejumlah uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan berdasarkan tingkat penghasilan orang tua. Sedangkan di PTS, mahasiswa harus membayar biaya kuliah yang lebih mahal karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun saat ini biaya kuliah PTN dan PTS dibeberapa universitas hampir seimbang.
  3. Akreditasi : PTN umumnya sudah terakreditasi dengan baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sehingga program studi yang ditawarkan dianggap berkualitas. Sementara itu, tingkat akreditasi suatu PTS umumnya tergantung pada kualitas dan reputasi universitas tersebut.
  4. Ketersediaan program studi : PTN memiliki lebih banyak program studi dan lebih beragam dibandingkan dengan PTS, karena dikelola oleh pemerintah yang memiliki sumber daya yang lebih besar. Sementara itu, universitas swasta lebih fokus pada beberapa program studi tertentu yang dianggap unggul dan memiliki peluang besar untuk diminati oleh para calon mahasiswa. Namun pada kenyataanya banyak sekali program studi dari beberapa PTS yang mampu menyaingi bahkan lebih unggul dari beberapa PTN yang ada.
  5. Kebijakan dan tata kelola Kebijakan : Kebijakan di PTN ditentukan oleh pemerintah dan menerapkan sistem yang lebih terstruktur dan birokratis. Sementara itu, universitas swasta memiliki kebebasan dalam menentukan kebijakan dan tata kelolanya, tetapi harus tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Meskipun terdapat perbedaan antara universitas swasta dan negeri di Indonesia, namun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membangun pendidikan nasional dengan berbagai pembelajaran serta fasilitas yang disediakan. Serta harapannya mampu menciptakan lulusan yang unggul dalam memajukan pembangunan dan perekonomian Indonesia baik itu dari segi prestasi, pengabdian masyarakat dan produk riset unggulan yang dihasilkan.

Daftar PTS Terbaik di Indonesia

Taukah anda bahwa terdapat beberapa PTS terbaik di indonesia dengan kulitas pendidikan dan sarana prasarana perkuliahan yang tidak kalah dari beberapa PTN. Bahkan beberapa PTS terbaik di indonesia ini cukup mendominasi di dunia pendidikan baik dari segi pembelajaran, teknologi pembelajaran, akreditasi program serta kualitas alumni yang dihasilkannya. Berikut merupakan urutan pts terbaik di indonesia bagi anda yang berminat untuk mengambil jurusan teknik antara lain :

  1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) terletak di Kota Bandung, Jawa Barat dan merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UNPAR memiliki berbagai program studi yang diakui baik dalam skala nasional maupun internasional. Beberapa program studi yang diunggulkan UNPAR adalah Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Bisnis.
  2. Telkom University, Telkom University terletak dibumi pasundan tepatnya di Kota Bandung Jawa Barat. Telkom University merupakan PTS yang fokus pada bidang Teknologi, Sains dan Art. Dengan misi menjadi Research dan Entrepreneurial University. Telkom University juga di sebut sebagai PTS Terbaik Indonesia di berbagai pemeringkatan internasional. Telkom University memiliki beberapa program studi yang diunggulkan mulai dari Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Industri serta Manajemen Bisnis.
  3. Universitas Kristen Petra (UK Petra) Universitas Kristen Petra (UK Petra) terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur dan merupakan universitas swasta yang dikenal karena kualitas pendidikan yang baik dan fokus pada pengembangan karakter mahasiswa. UK Petra memiliki berbagai program studi di bidang Teknik, Bisnis, dan Seni & Desain.
  4. Universitas Pelita Harapan (UPH) Universitas Pelita Harapan (UPH) terletak di Tangerang, Banten dan memiliki reputasi yang baik di kalangan mahasiswa dan perusahaan. UPH menawarkan berbagai program studi dari berbagai bidang, termasuk Bisnis, Teknik, Kesehatan, dan Humaniora.
  5. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) terletak di Kota Salatiga, Jawa Tengah dan merupakan universitas swasta tertua di Indonesia. UKSW memiliki berbagai program studi di bidang Teologi, Ilmu Komunikasi, Teknik, dan Bisnis.
  6. Universitas Ciputra (UC) Universitas Ciputra (UC) terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur dan merupakan universitas swasta yang fokus pada pengembangan kewirausahaan dan inovasi. UC menawarkan berbagai program studi di bidang Bisnis, Desain, dan Teknik.

Itulah beberapa PTS Terbaik di Indonesia dilihat dari kualitas pembelajaran yang diberikan, fasilitas serta akreditasinya. Beberapa PTS Terbaik di Indonesia tersebut dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Namun, sebelum memilih universitas, pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap akreditasi dan reputasi PTS Tersebut.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *