Bagimana Komunikasi Serial MATLAB dengan Arduino UNO

Dalam perancangan suatu sistem terkadang kita harus melakukan suatu komunikasi data antra sistem satu dengan sistem lain nya, komunikasi ini biasanya disebut dengan komunikasi serial. Pengertian teknis dari komunikasi serial yaitu metode komunikasi data, dimana 1 bit data akan dikirim kan secara bergantian dalam satu media yang sama, dan akan disusul oleh bit bit data lainnya. Data yang dikirimkan pada komunikasi serial biasanya berbentuk logika “1” dan “0”. Sistem Komunikasi serial ini memang banyak digunakan pada berbagai aplikasi mikrokontroller.

Bagaimana Cara Menghubungkan MATLAB dengan Arduino

Cara menghubungkan MATLAB dengan Arduino sangat mudah. Ada beberapa tahapan yang terjadi dalam menghubungkan MATLAB dengan Arduino. Hal yang paling penting dalam melakukan komunikasi serial yaitu kedua perangkat yang akan dihubungkan harus memiliki konfigurasi yang sama. Maka dari itu tahapan awal yang dilakukan untuk menghubungkan MATLAB dengan Arduino adalah pertama proses inisiasi. Proses inisiasi ini berfungsi untuk menyamakan Baudrate antara program MATLAB dengan Arduino. Baud rate mengindikasikan seberapa cepat data dikirim melalui komunikasi serial. Nilai Baud Rate bermacam macam namun nilai yang sering digunakan yaitu di angka 9.600 bps.

Berikut merupakan command yang dapat Anda ikuti saat melakukan proses inisiasi

Inisiasi Komunikasi Serial MATLAB dengan Arduino

Berikut merupakan beberpa fungsi / command pada Komunikasi Serial MATLAB dengan Arduino

  • Global x -> membuat / mendeklarasikan suatu variable x
  • x=serial(‘COM3’, ‘BaudRate’, 9600) -> berfungsi untuk menyamakan Port yang digunakan pada Arduino dengan menggunakan kecepatan standar yaitu di angka 9600
  • fopen(x) -> berfungsi untuk membuka port serial
  • fprintf (x, ‘1’) ->berfungsi untuk mengirim logika “1” dan logika “0” ke mikorkontroller arduino. Fungsi ini dapat anda manfaat kan contoh pada sistem face recognition, bila sistem mengenali wajah individu MATLAB akan mengirim logika “1” ke arduino begitu juga sebaliknya bila wajah tidak dikenali.
  • fclose (x) dan delete (x) -> Berfungsi untuk menutup port komunikasi serial

Komunikasi serial harus di tutup agar, karena bila port komunikasi serial masih terbuka (dalam keadaan open) maka sistem tidak dapat digunakan. Lalu bagimana perintah yang ditulis pada Arduino? berikut ini adalah commmand mengenai cara penerimaan data dari MATLAB di Arduino.

Perintah terima data dari MATLAB di Arduino IDE

Sekian pembahasan mengenai cara Komunikasi Serial MATLAB dengan Arduino UNO semoga dapat bermanfaat.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *